WHAT'S NEW?
Loading...

0.facebook.com versus 0.wikipedia.com

Setahu saya belum pernah ada operator selular yang memberikan akses internet gratis bagi para penggunanya tanpa syarat. Terkecuali bonus akses beberapa mega byte dengan syarat tertentu, seperti harus isi ulang pulsa dengan nominal tertentu misalnya. Memang pernah ada yang mengratiskan akses internet dalam jangka waktu beberapa bulan, tapi setelah itu tetap harus bayar.

Sudah mencoba akses ke http://0.facebook.com dari browser ponsel? Wow gratis! walau hanya untuk beberapa operator tertentu. Kita bisa fesbukan sesuka hati tanpa batasan waktu walau tanpa tampilan gambar. Penggemar facebook dengan penghasilan terbatas pasti senang. Saya tidak tahu siapa yang membayar biaya akses internet ke Facebook Zero ini. Mungkin Facebook yang mengganti biaya yang dikeluarkan operator untuk memberikan akses gratis ini, karena saya kira tidak mungkin ada operator yang mau memberikan akses internet gratis begitu saja.

Oke, cukup tentang facebook.

Saya berangan jika wikipedia.com (situs ensikopedi online yang dibangun gotong royong) dikelola oleh perusahaan berorientasi profit seperti facebook, tentu Wikipedia akan memiliki penghasilan besar. Nah, saya berangan lagi jika pihak manajemen Wikipedia mau menanggung biaya akses ke situs mereka melalui ponsel, sehingga banyak orang bisa mendapat akses ke jutaan artikel berguna secara gratis.

Menurut saya akses gratis ke Wikipedia akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat. Sayang, wikipedia bukan situs web pencari profit yang berpenghasilan besar. Biaya operasionalnya diperoleh dari sumbangan berbagai pihak, jadi tidak mungkin seperti facebook dengan Facebook Zero-nya.

Lalu, bagaimana jika operatos saja yang menggratiskan akses dari ponsel ke wikipedia.com? Hmm... ada operator yang mau ngga? Sangat sulit rasanya.... Tapi, seharusnya ada operator yang mau karena saya yakin jumlah akses ke wikipedia tidak akan sebesar ke facebook, sehingga traffic data yang dipakai tidak terlalu besar. Pemberian akses gratis ini juga bisa dijadikan perwujudan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan operator selular, sebagai timbal balik kepada konsumen mereka.

Senangnya jika ada http://0.wikipedia.com

0 komentar: